Pengaruh Brand Image pada Niat Beli Konsumen: Demografi Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Konsumen Zara di Kota Bandung)
Daftar Isi:
- Salah satu proses keputusan pembelian yang dilakukan konsumen adalah dengan merencanakan niat beli. Niat beli konsumen akan tumbuh jika konsumen sudah mengetahui citra merek dari suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh citra merek pada niat beli konsumen, dan mengetahui mengetahui pengaruh citra merek pada niat beli konsumen yang dimoderasi oleh variabel demografi, meliputi jenis kelamin, usia, pekerjaan, pengeluaran, dan latar belakang pendidikan pada konsumen fashion Zara di kota Bandung. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, dan yang dapat memenuhi criteria sebanyak 301 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah moderasi regresi sederhana dengan metode uji residual. Dari 6 (enam) hipotesis yang diajukan dalam penelitian, hanya terdapat 3 hipotesis yang terjawab yaitu terdapat pengaruh brand image pada niat beli konsumen, terdapat pengaruh brand image pada niat beli konsumen yang dimoderasi oleh gender, pengaruh brand image pada niat beli konsumen yang dimoderasi oleh pekerjaan. Implikasi manajerial yang dapat diajukan berdasarkan hasil penelitian adalah mampu mempertahankan brand image, menjaga brand image, dan mengetahui pengaruhnya terhadap niat beli konsumen agar dapat menyusun strategi untuk meningkatkan volume penjualan.