Pengaruh Rasio Leverage dan Market Size terhadap Return Saham pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014
Daftar Isi:
- Investor melakukan investasi dengan harapan memperoleh return di masa mendatang, tetapi return tersebut seringkali tidak dapat diprediksi secara tepat karena selalu ada risiko di setiap investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel rasio leverage dan market size terhadap return saham. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling dari perusahaan sektor industri barang konsumsi yang sahamnya terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2010-2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio leverage tidak berpengaruh terhadap return saham, dan market size berpengaruh terhadap return saham sebesar 0.242. Secara simultan seluruh variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh terhadap return saham sebesar 0.014. Hasil regresi menunjukan bahwa 4.5% perubahan return saham dipengaruhi oleh rasio leverage dan market size, sedangkan sisanya sebesar 95.5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.