Daftar Isi:
  • Perkembangan factory outlet yang diwarnai persaingan ketat di sejumlah daerah seperti Jakarta, Bogor, Cipanas-Cianjur mulai berdiri dan tumbuh factory outlet. Kondisi ini akan memengaruhi keberadaan factory outlet di Bandung. Melihat kondisi persaingan seperti itu, maka tidak mustahil untuk masa ke depan keberadaan factory outlet di Bandung terutama the Summit Boutique Outlet Bandung akan terancam. Jika tidak ada langkah inovasi dan kreativitas, mungkin saja membuat the Summit Boutique Outlet Bandung bisa kalah dalam persaingan. Maksud dan tujuan penelitian yang dilakukan oleh penulis di the Summit Boutique Outlet Bandung adalah 1) mengetahui pelaksanaan store atmosphere pada the Summit Boutique Outlet Bandung, 2) mengetahui perilaku pembelian konsumen the Summit Boutique Outlet Bandung, dan 3) mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen the Summit Boutique Outlet Bandung. Metodologi penelitian menggunakan metode penelitian survei, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitis, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi gambaran atas objek penelitian yang kemudian diolah dengan menggunakan gap analysis untuk diambil suatu kesimpulan. Penelitian ini juga dilakukan dengan pengujian hipotesis untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan store atmosphere yang dirasakan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen the Summit Boutique Outlet Bandung dengan mempergunakan analisis jalur. Pelaksanaan Store Atmosphere pada The Summit Boutique Outlet Bandung berdasarkan analisis gap tingkat kesesuaian tertinggi terjadi yaitu dalam usaha factory outlet dibutuhkan kualitas pencahayaan dan penentuan warna ruangan yang baik, sedangkan tingkat kesesuaian terendah terjadi yaitu dalam usaha factory outlet dibutuhkan pelayanan pegawai yang memuaskan. Berdasarkan analisis gap juga diperoleh bahwa di antara 4 (empat) dimensi store atmosphere pada The Summit Boutique Outlet Bandung, tingkat kesesuaian tertinggi terjadi pada dimensi general interior, sedangkan tingkat kesesuaian terendah terjadi pada dimensi store layout. Perilaku Pembelian Konsumen The Summit Boutique Outlet Bandung Keputusan pembelian konsumen The Summit Boutique Outlet Bandung dalam membuat keputusankeputusan untuk membelanjakan sumber daya yang mereka miliki seperti waktu, uang dan tenaga pada barang-barang konsumsi di The Summit Boutique Outlet Bandung memiliki tingkat yang tinggi. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Summit Boutique Outlet Bandung dari hasil perhitungan analisis jalur ini dapat dikemukakan bahwa pengaruh store atmosphere baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mempengaruhi perubahan keputusan pembelian konsumen The Summit Boutique Outlet Bandung adalah exterior sebesar 20.80%, general interior sebesar 18.98%, store layout sebesar 19.35% dan interior point of purchase display sebesar 22.30%. Sedangkan pengaruh variabel-variabel store atmosphere secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen The Summit Boutique Outlet Bandung adalah sebesar 81.43%.