Daftar Isi:
  • Di Indonesia sampah plastik merupakan masalah serius karena sangat mengganggu dan merusak lingkungan hidup. Menjamurnya supermarket dan minimarket menyebabkan peningkatan penggunaan kantong plastik, terutama oleh kaum wanita yang merupakan konsumen terbesar di tempat perbelanjaan. Riset mengungkapkan setiap hari dihasilkan 4,8 juta sampah kantong plastik pada tahun 2014 di Bandung. Oleh sebab itu, kampanye ini dibuat untuk menekan jumlah penggunaan kantong plastik sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup. Tujuan kampanye ini adalah untuk mengedukasi masyarakat serta mengajak mengurangi penggunaan kantong plastik. Strategi komunikasi dan kreatif adalah dengan menggunakan pendekatan gaya hidup masa kini. Manfaat perancangan ini adalah agar jumlah sampah kantong plastik dapat berkurang sehingga dapat meminimalisasi dampaknya. Strategi kreatif yang digunakan adalah melalui foto dan ilustrasi. Salah satu strategi kreatif yang digunakan adalah membuat event berupa lomba foto selfie. Media desain grafis yang digunakan untuk event ini adalah gimmick berupa hang bag, gelang, tumbler, mug, tas belanja praktis, stiker, payung, casing handphone, sertifikat bagi yang ikut serta dalam event tersebut. Media utama yang digunakan adalah poster, brosur, serta media sosial yang mudah untuk diakses.