Daftar Isi:
  • Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang paling dikenal sekaligus paling umum digunakan dalam upaya mengarahkan komunikasi persuasif pada konsumen. Akhir-akhir ini berkembang tren pemakaian celebrity endorsers dalam dunia periklanan. Salah satunya adalah produk mie instan yang yang memakai celebrity endorsers sebagai salah satu strategi bersaing. Indomie merupakan salah satu produk mie instan yang menggunakan celebrity endorser untuk mengiklankan produknya. Indomie menggunakan Gita Gutawa dan 3 Diva sebagai celebrity endorsersnya untuk menarik niat beli konsumen. Melihat fenomena persaingan tersebut penulis tertarik untuk meneliti pengaruh celebrity endorsers terhadap niat beli konsumen Indomie pada mahasiswa Universitas Kristen Maranatha. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei. Data yang ada dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi software SPSS 12.0. Pengumpulan data dilakukan melalui pembagian kuesioner kepada konsumen Indomie di Universitas Kristen Maranatha. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa secara keseluruhan celebrity endorsers yang digunakan Indomie mendapat tanggapan positif dari responden. Tetapi pengaruh 3 Diva sebagai celebrity endorsers Indomie terhadap niat beli konsumen lebih besar daripada pengaruh Gita Gutawa. Dengan kata lain, konsumen lebih menyukai 3 Diva sebagai endorsers Indomie dibandingkan dengan Gita Gutawa. Jadi sebaiknya pertahankan 3 Diva sebagai endorsers Indomie karena melalui penampilan 3 Diva konsumen tertarik untuk mengkonsumsi Indomie. Hasil penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan misalnya, penelitian ini hanya dilakukan di kalangan mahasiswa. Selain itu, produk Indomie merupakan produk hedonic yang hanya menimbulkan kesenangan sesaat.