Analisis Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard pada Perusahaan Jasa Konstruksi PT Kuta Indah Persada
Daftar Isi:
- Penerapan balanced scorecard memiliki tujuan antara lain menilai perkembangan sebuah perusahaan dalam menyusun strategi dari tahun ke tahun. Penitian pada PT Kuta Indah Persada dengan balanced scorecard melalui 4 prepektif yaitu, prespektif keuangan, prespektif pelanggan, prespektif bisnis internal, prespektif pertumbuhan. Prespektif keuangan tetap menjadi perhatian dalam balanced scorecard karena ukuran keuangan merupakan ikhtisar dari konsekuensi ekonomi yang terjadi akibat keputusan dan tindakan ekonomi yang diambil. Prespektif pelanggan pada masa lalu seringkali perusahan mengkonsentrasikan diri pada kemampuan internal dan kurang memperhatikan kepentingan kebutuhan konsumen. Prespektif bisnis internal Dalam proses bisnis internal, manajer harus bisa mengidentifikasi proses internal yang penting dimana perusahaan diharuskan melakukan dengan baik karena proses internal tersebut mempunyai nilai-nilai yang diinginkan konsumen dan dapat memberikan pengembalian yang diharapkan oleh para pemegang saham. Prespektif pertumbuhan dalam balanced scorecard mengembangkan pengukuran dan tujuan untuk mendorong organisasi agar belajar dan bertumbuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan PT Kuta Indah Persada sudah baik dalam menerapkan 3 prespektif yaitu keuangan, pelangan dan bisnis internal. PT Kuta Indah Persada belum baik dalam prespektif pertumbuhan.