Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengambil judul mengenai Pengaruh Kepercayaan Merek Produk Mobil Toyota Terhadap Loyalitas Konsumen Di Kota Bandung. Objek yang diambil dalam penelitian ini adalah mobil merek Toyota. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yang terdiri Brand Trust sebagai variabel bebas atau variabel independent dan Loyalitas Merek sebagai variabel dependent atau variabel terikat. Dalam jurnal yang ditulis oleh Elena Delgado & Jose Luis Manuera (2001), Brand Trust dibagi oleh dua dimensi yaitu: brand reliability, dan brand intention. Brand reliability adalah asumsi bahwa merek mempunyai kapasitas untuk bereaksi terhadap kebutuhan konsumen. Dimensi ini mengamati bahwa merek sebagai janji di masa depan yang harus secara konsisten terpenuhi. Sedangkan brand intention lebih menghubungkan tujuan atau maksud dari suatu merek yang mampu mempengaruhi sumber emosional dari konsumennya. Loyalitas adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk atau jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang, meskipun pengaruh situasi dan usahausaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan perilaku Oliver (2003) Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif, teknik pengambilan sampling dengan menggunakan non probability random samplindengn dengan teknik samplin adalah purposive random sampling. Metode analisis data menggunakan statistik parametrik dengan regresi sebagai alat yang digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul. Peneliti mengambil sampel dari populasi yang ada sebanyak 120 orang yang diharapakan dapat mewakili populasinya. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bila Brand Trust memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pengguna mobil Merek Toyota. Persamaan regresi daripada penelitian ini adalah Y = 2,954 + 1,005 X, persamaan regresi di tersebut mengindentifikasikan bila Brand Trust memiliki hubungan positif dengan Loyalitas. Nilai Thitung dari Brand Trust adalah sebesar 22,496 dengan nilai signifikan 0.000, lebih kecil dari taraf kesalahan 0,05. Berdasarkan nilai yang ada pada tabel model summary dapat diketahui bila pengaruh dari Brand Trust terhadap Loyalitas pengguna mobil merek Toyota sebesar 0,838 atau sebesar 83,8%. Nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,836 , berdasarkan nilai tersebut dapat diketahui bila dari hasil koreksi statistik pada koefisien determinasi untuk lebih mendekati ketepatan model dalam populasi (R2) pengaruh dari Brand Trust terhadap Loyalitas adalah sebesar adalah sebesar 0,836 atau 83,6% dan sisanya 16,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.