Perancangan Kampanye Bertemakan Kedisiplinan Waktu untuk Anak-Anak Sekolah Dasar
Daftar Isi:
- Kurangnya pendidikan yang bermutu di Indonesia menghasilkan kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia, salah satunya pendidikan dalam hal kedisiplinan waktu. Menurut Tsuyoshi Ishizaki, masih banyak anak-anak di Indonesia yang kurang menghargai waktu, sehingga kedisiplinan waktu di Indonesia sangatlah kurang dibandingkan dengan Jepang. Dengan mempelajari manajemen waktu yang tepat, seorang anak dapat meningkatkan keberhasilan dan kemandirian dalam dirinya. Maka dari itu, tujuan perancangan ini adalah agar anak-anak di Indonesia dapat mempelajari kedisiplinan dalam hal manajemen waktu untuk membangun pribadi yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat di sekitarnya. Adapula kurangnya pendidikan dalam manajemen waktu di masyarakat membuat anak-anak kurang mengerti pentingnya hal tersebut untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah menyusun strategi kampanye untuk anak-anak Sekolah Dasar dengan poster yang bersifat persuasif sebagai media utama, dilengkapi dengan website, spanduk, hanging banner, agenda, dan gimmick. Melalui perancangan strategi kampanye ini, anak-anak dapat lebih memahami pentingnya disiplin waktu untuk diterapkan sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan yang baik ketika dewasa dan menghindari dampak buruknya bagi diri sendiri.