Analisis Penerapan Target Costing dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi (Studi Kasus pada PT. "X")
Daftar Isi:
- Persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan perusahaan untuk mengambil tindakan yang tepat agar dapat tetap bertahan dalam era perdagangan bebas. Salah satu cara agar perusahaan tetap bertahan dalam persaingan usaha yang semakin ketat ialah dengan efisiensi biaya produksinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu perusahaan menerapkan metode target costing dalam upaya efisiensi biaya produksi. Target costing adalah sistem untuk mendukung proses pengurangan biaya dalam tahap pengembangan dan perencanaan produk model baru tertentu atau perubahan model secara penuh. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya target costing, perusahaan dapat melakukan pengendalian biaya produksi. Berdasarkan perhitungan perusahaan total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk meja sebesar Rp 842.839 dan kursi sebesar Rp 799.853, sedangkan menurut target costing melalui proses value engineering untuk meja sebesar Rp 841.191 dan kursi sebesar Rp 798.370. Untuk itu sebaiknya perusahaan perlu melakukan analisa secara selektif terhadap biaya-biaya produksi dan nonproduksi yang muncul dalam proses produksi, sehingga dapat membedakan biaya mana yang dapat di hindari atau di efisiensikan dan biaya yang tidak berpengaruh terhadap kualitas produk.