Perancangan Visual Promosi Kaleba untuk Wisatawan Jambi
Daftar Isi:
- Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata yang baik. Dalam dunia pariwisata, cenderamata menjadi kebutuhan bagi wisatawan pada umunya. Di samping itu, cenderamata juga dapat berperan mendukung perkembangan pariwisata setempat. Kaleba merupakan satu-satunya cenderamata Jambi yang menggabungkan antara kaos, batik, dan tempat wisata Namun, Kaleba memiliki kendala kurang promosi, hal ini didukung berdasarkan data kuesioner dari 200 responden wisatawan Jambi yang menyatakan bahwa 73,5% responden kurang mengetahui keberadaan produk Kaleba. Oleh karena itu, tugas Akhir ini dirancang agar Kaleba lebih dikenal oleh wisatawan Jambi. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, studi pustaka, dan kuesioner. Teori-teori terkait yang digunakan adalah teori pariwisata, teori objek wisata, teori batik, teori promosi, teori periklanan dan teori media periklanan. Metode yang digunakan sebagai pemecahan masalah adalah dengan merancang promosi visual untuk produk Kaleba dengan memperbaharui logo, menambah variasi produk, dan menggunakan model yang diterapkan dalam berbagai media promosi seperti online banner advertisement, billboard, t-banner, x-banner, flyer, catalogue, banner sponsorship untuk ucapan selamat datang di Bandara Sultan Thaha Jambi, website Kaleba, packaging, gimmick, dan hangtag. Melalui perancangan ini, promosi Kaleba menjadi lebih konsisten dan terpadu serta menjadikan Kaleba lebih tersosialisasi bagi wisatawan Jambi.