Daftar Isi:
  • Bahasa Sunda merupakan identitas dari Suku Sunda yang merupakan suku kedua terbesar di Indonesia, namun diketahui penggunaannya menurun dan memudar, keberadaannya juga kurang dikenal oleh masyarakat diluar Suku Sunda. Keberadaan suku ini tersebar di beberapa kota di Jawa Barat, salah satunya di Kota Bandung yang merupakan kota terpadat ketiga di Indonesia. Kota Bandung yang penduduknya didominasi oleh Suku Sunda merupakan kota wisata dengan jumlah pengunjung yang meningkat setiap tahunnya menjadi tempat yang tepat untuk melestarikan budaya berbahasa ini. Tujuan dari perancangan kampanye ini adalah untuk memperkenalkan Bahasa Sunda kepada wisatawan agar dapat berpartisipasi dalam penggunaan Bahasa Sunda saat sedang berwisata di Kota Bandung melalui media yang menarik dan informatif. Manfaat perancangan ini adalah semakin dikenalnya dan semakin banyaknya pengguna Bahasa Sunda. Metode utama yang digunakan berupa aplikasi mobile dengan media pendukung berupa desain environmental disertai dengan gimmick. Aplikasi ini memperkenalkan Bahasa Sunda dan penggunaannya secara informatif kepada wisatawan nusantara. Kampanye ini diharapkan dapat menjadikan Bahasa Sunda semakin dikenal sebagai salah satu upaya pelestarian.