Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Rekomendasi (Word of Mouth) Jasa yang Dimoderasi Reputasi (Kasus Persepsi Konsumen pada Layanan Rumah Makan Berkat Bandung)
Daftar Isi:
- Rumah makan berkat merupakan rumah makan yang menyediakan makanan di Bandung. Belakangan ini rumah makan berkat mengalami penurunan jumlah pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap rekomendasi yang di moderasi oleh reputasi di rumah makan berkat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang faktor – faktor yang harus dikembangkan agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen, rekomendasi dan reputasi terhadap rumah makan berkat. Teori yang di ambil berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nick Bontis, Lorne D. Booker, Alexander Serenko (2007) dengan judul:“The mediating and moderating effect of organizational reputation on customer loyalty and service recommendation in the banking industry”. Metode penelitian ini menggunakan non probability sampling. Objek penelitian ini adalah rumah makan berkat. Metode sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan kepuasan konsumen tidak berpengaruh terhadap rekomendasi dengan signifikan. Reputasi tidak berpengaruh terhadap rekomendasi dengan signifikan. Kepuasan konsumen mempunyai pengaruh terhadap rekomendasi dengan moderasi reputasi mempunyai pengaruh signifikan. Simpulan dan saran dari penelitian ini adalah kepuasan konsumen tidak mempunyai pengaruh terhadap rekomendasi dan reputasi tidak mempunyai pengaruh terhadap rekomendasi. Tetapi dengan adanya moderasi reputasi, kepusan konsumen mempunyai pengaruh signifikan terhadap rekomendasi. Dengan demikian perlu adanya faktor – faktor untuk mempengaruhi kepuasan konsumen serta reputasi, sehingga perlu dilakukan kajian yang lebih mendalam.