Daftar Isi:
  • Dewasa ini perilaku konsumen menjadi semakin kompleks. Beberapa tahun yang lalu seorang konsumen yang ingin membeli produk di toko hanya dihadapkan pada beberapa alternatif merek produk. Namun sekarang ini keadaannya berbeda ketika konsumen ingin membeli, mereka akan dihadapkan dengan sejumlah besar alternatif suatu produk yang sejenis, yang diantaranya merupakan produk lama, produk baru, atau bahkan produk yang bahkan tidak pernah didengar sebelumnya. Pada penelitian ini, penulis bermaksud untuk membahas mengenai bauran pemasaran sebagai alat bantu menciptakan suatu kesetiaan pelanggan (customer loyalty) pada produk kartu AS Telkomsel. Dari penelitian yang penulis lakukan, maka hasil keseluruhan yang didapatkan persamaan regresi yaitu Y = - 2.249 + -0,162X1 + 0,227X2 + 2,297X3 + -0,916X4 + -0,274X5 + -0,035X6 + -0,200X7, selain itu juga didapat koefisien determinasi keseluruhan sebesar 43,2% product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process mempengaruhi customer loyalty, sedangkan sisanya sebesar 56,8% dipengaruhi faktor lain. Dan untuk masing-masing variabel yang mempengaruhi customer loyalty adalah place(X3) dan promotion(X4), sedangkan yang tidak mempengaruhi adalah product(X1), price(X2), people(X5), phisycal evidence(X6), dan process (X7). Adapun saran dari penulis untuk meningkatkan dan memperbaiki strategi distribusi serta promosi sehingga marketing mix yang dilakukan dapat mempengaruhi customer loyalty.