Analisis Citra Produk Terhadap Strategi Pemasaran Perusahaan Dengan Menggunakan Perbedaan Semantik (Studi Kasus Perdana GSM Simpati dan IM3)
Daftar Isi:
- Persaingan yang makin ketat dalam dunia usaha terutama di bidang jasa telekomunikasi merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh para pebisnis maupun non-pebisnis di jaman era-globalisasi, sehingga membuat banyak perusahaan (telekomunikasi) harus mengatur kembali dalam upaya untuk mempertahankan atau memperluas pangsa pasar yang semakin sempit. Setiap perusahaan dituntut untuk memiliki keunggulan dalam bersaing, salah satu cara untuk mendapatkannnya dengan menciptakan citra produk perusahaan yang baik di benak konsumen. Tujuan penelitian yang dilakukan pada kartu perdana GSM simPATI dan IM3 adalah untuk mengetahui apakah citra produk yang dimiliki selama ini dapat meningkatkan permintaan atas produknya serta persepsi atau sikap konsumen terhadap produk tersebut. Menurut Peter dan Olson (1996 : 248), Citra produk adalah sebagai apa yang dipikirkan di dalam konsumen tentang suatu produk. Termasuk di dalamnya adalah persepsi dan sikap yang didasarkan pada sensasi dari rangsangan yang berkaitan dengan produk yang diterima melalui kalima indera. Untuk mengetahui seberapa besar citra produk terhadap strategi pemasaran perusahaan maka penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode analisis deskritif. Adapun sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data terdiri dari studi pustaka, survei, dan metode yang analisis digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif serta pengumpulan sampel dengan pengambilan sampel secara acak sederhana ( Simple Random Sampling ), dalam menganalisis data penulis menggunakan editing, tabulasi, dan penilaian setiap butir pertanyaan, dan metode analisis statistik adalah perbedaan semantik. Dari penelitian yang dilakukan, hal ini menunjukan adanya perbedaan citra produk antara kartu perdana GSM simPATI dan IM3. dimana perbedaan citra produk dari kedua kartu perdana GSM (simPATI dan IM3) tersebut berdasarkan tingkat pengetahuan dan tingkat kesukaan, Dari tingkat pengetahuan, secara keseluruhan konsumen yang mengetahui kartu perdana GSM simPATI, sebesar 90% dan secara keseluruhan yang mengetahui kartu perdana GSM IM3, sebesar 76.66%. Dari tingkat kesukaan, secara keseluruhan konsumen yang menyukai kartu perdana GSM simPATI, sebesar 73.33% dan yang menyukai kartu perdana GSM IM3, sebesar 63.33%. Dan dapat di lihat dari faktor-faktor yang tertanam dalam produk kartu perdana GSM (simPATI dan IM3), hasil rata-rata score dari faktor-faktor keunggulan kedua kartu perdana GSM tersebut adalah tarif layanan dari simPATI sebesar 3.36 dan IM3 sebesar 5.36; fitur yang tersedia dari simPATI sebesar 5.3 dan IM3 sebesar 4.66; bonus yang tersedia dari simPATI sebesar 4.08 dan IM3 sebesar 5.26; gerai pelayanan dari simPATI sebesar 5.32 dan IM3 sebesar 4.98; jenis provider dari simPATI sebesar 4.14 dan IM3 sebesar 3.84; nomor kartu dari simPATI sebesar 5.3 dan IM3 sebesar 4.8; sinyal dari simPATI sebesar 6.12 dan IM3 sebesar 4.46; tingkat pengguna jenis provider dari simPATI sebesar 5.5 dan IM3 sebesar 4.64; jenis pembayaran dari simPATI sebesar 5.32 dan IM3 sebesar 4.88; area jangkauan dari simPATI sebesar 6.74 dan IM3 sebesar 5.04.