Daftar Isi:
  • Periklanan penting untuk menarik minat konsumen, sehingga diperlukan daya tarik dengan menggunakan source credibility. Adapun tiga dimensi terkuat untuk mengukur source credibility antara lain source expertise, source trustworthiness, dan source attractiveness. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh source expertise, source trustworthiness, dan source attractiveness pada minat beli konsumen (studi kasus: artis sabun Lux: Dian Sastrowardoyo, Tamara Bleszynski, Luna Maya, dan Mariana Renata). Penelitian ini dilakukan di kota Bandung dan Jakarta timur dengan menggunakan 231 responden yang pernah melihat keepat bintang Lux pada media cetak dan elektronik. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda secara simultan dan parsial dengan metode white yang dibantu Eviews 5.0, serta metode kruskal wallis untuk menguji perbedaan. Instrumen penelitian ini diadopsi dari O’Mahony dan Meenaghan (1998). Hasil penelitian secara simultan menyebutkan ketiga unsur source credibility (source expertise, source trustworthiness, source attractiveness) memberikan kontribusi pengaruh paling besar yaitu sebesar 18.21%. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan minat beli secara signifikan dari keempat bintang Lux. Hasilnya, Dian Sastrowardoyo memiliki pengaruh paling besar pada minat beli konsumen dibandingkan ketiga bintang Lux lainnya.