Pengaruh Ekuitas Merek Giordano Terhadap Niat Beli Konsumen Di Universitas Kristen Maranatha, Bandung
Daftar Isi:
- Pakaian merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia selain kebutuhan pangan dan papan. Untuk itulah manusia berusaha menciptakan pakaian yang berfungsi untuk melindungi dan menutup tubuh mereka. Seiring dengan perkembangan jaman, pakaian bertambah fungsinya sebagai barang yang dapat mencerminkan status sosial pemakainya. Di kota-kota besar Indonesia saat ini dapat ditemui banyak toko yang menjual produk pakaian casual, formal, dan sebagainya. Perusahaan-perusahaan yang berasal dari luar negeri pun ikut masuk meramaikan pasar ritel pakaian di Indonesia dengan menawarkan merek-merek pakaian asing. Sebagai perusahaan ritel pakaian kasual, Giordano hadir ikut meramaikan pasar di Indonesia untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan pakaian kasual lainnya. Penulis tertarik untuk meneliti bagaimana suatu ekuitas merek, dalam hal ini Giordano dapat memengaruhi niat beli seseorang. Ekuitas merek memiliki lima dimensi, yaitu kinerja (performance), citra sosial (social image), nilai (value), kejujuran (trustworthiness), dan komitmen (attachment). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif atau survei untuk mendapatkan hasil terhadap objek yang ingin diteliti. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data-data dari konsumen Giordano. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS 12.00. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa dimensi citra sosial dari ekuitas merek produk Giordano memiliki pengaruh dalam niat beli seseorang. Sedangkan dimensi lainnya seperti kinerja, nilai, kejujuran, dan komitmen tidak memiliki pengaruh yang berarti dalam memengaruhi niat beli seseorang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa walaupun banyak masyarakat yang telah mengenal produk Giordano, perusahaan masih harus mengevaluasi dan selanjutnya meningkatkan ekuitas merek produknya melalui cara-cara yang lebih mendekati keinginan konsumennya, agar dapat meningkatkan niat beli konsumen terhadap produknya.