Analisis Pengaruh Sensitivitas Respon Konsumen terhadap Perluasan Merek (Brand Extension) pada Produk Sabun Mandi Bayi Merek Mittu (Studi Kasus pada Ibu Muda di Young Moms Community Bandung)
Daftar Isi:
- Pertumbuhan ekonomi di indonesia yang semakin membaik, mendorong timbulnya laju persaingan dunia usaha.Hal ini menuntut perusahaan untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menjalankan kegiatan usahanya.Berbagi upaya dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan perusahaan dan memuaskan kebutuhan pelangganya.Di dalam kondisi persaingan usaha yang semakin ketat ini, perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dalam menetapkan strategi yang tepat bagi perusahaan sehingga dapat menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk mereka. Atas dasar uraian diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berlokasi di Komunitas Young Moms Bandung yang menitikberatkan pada perluasan merek. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan data-data yang diperlukan sebanyak 100 orang responden. Untuk membuktikan ada sensitivitas respon pada perluasan merek Mittu, maka dalam penelitian ini digunakan perhitungan statistik dengan perhitungan perubahan stimuli. Dari hasil perhitungan dengan perhitungan stimuli yang telah dilakukan melalui program Microsoft Excel 2010 maka diperoleh tingkat sensitifitas sebesar 1.57464. Maka oleh karena sensitivitas ini lebih besar dari 1, dapat digolongkan dalam ukuran sensitif. Dari penjelasan diatas, artinya perluasan merek ini diketahui dengan baik oleh konsumen. Hal ini tidaklah mengherankan melihat iklan Sabun Mandi Bayi Mittu yang diluncurkan oleh PT Megasari Makmur begitu intens di berbagai media, baik media cetak maupun elektronik. Apalagi dengan membawa merek Mittu yang sudah demikian populer di masyarakat Indonesia terutama kalangan wanita.