Pengaruh Service Quality terhadap Brand Loyalty pada Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha Bandung
Daftar Isi:
- Semakin meningkatnya persaingan perusahaan terutama akan kualitas pelayanan kesehatan. Perusahaan harus mampu mendekatkan konsumen dengan merek yang ditawarkan. Maka fungsi pelayanan perlu ditingkatkan agar terjadinya loyalitas pada suatu merek. Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas merek pada Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian causal explanatory, menggunakan pendekatan kuantitaif dengan sampel 240 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling serta teknik pengumpulan data melalui teknik survey dengan metode kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas merek sebesar 41.3% dan sisanya 58.7 % dipengaruhi oleh faktor lain.