Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behavior Pengunjung Mall Paris Van Java Bandung
Daftar Isi:
- Seiring dengan majunya teknologi dan jaman yang semakin modern, orang-orang menginginkan tempat dimana mereka bisa berekreasi dan bermain dalam satu area tanpa takut terkena hujan atau panas. Mall menjadi pilihan karena di mall mereka dapat menemukan hiburan dan berekreasi bersama keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior pada pengunjung mall Paris Van Java Bandung. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan sampel yang diambil adalah mahasiswi Universitas Kristen Maranatha yang pernah berkunjung ke mall Paris Van Java sebanyak 200 responden. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara shopping lifestyle dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior pengunjung mall Paris Van Java, dengan nilai sig sebesar 0,000 ≤ 0,05 untuk shopping lifestyle dan impulse buying behavior dan 0,001 ≤ 0,05 untuk fashion involvement terhadap impulse buying behavior. Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa shopping lifestyle dan fashion involvement memiliki pengaruh simultan terhadap impulse buying behavior sebesar 19% dan 81% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini, seperti kualitas pelayanan, pre-decision stage dan post-decision stage.