Pengaruh Atmosfir Toko, Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Barang dan Kewajaran Harga terhadap Niat Beli Konsumen pada Toko Indomaret Jalan Surya Sumantri Bandung
Daftar Isi:
- Dalam beberapa dekade terakhir ini semakin maraknya persaingan dalam dunia bisnis secara global. Hal ini membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk memperebutkan posisi terbaik mereka. Strategi pemasaran pun menjadi salah satu tolak ukur suatu keberhasilan perusahaan. Salah satu bisnis yang sedang berkembang di Indonesia saat ini ialah bisnis ritel minimarket Indomaret. Dengan melihat fenomena tersebut peneliti bermaksud untuk menelitih apakah ada pengaruh strategi dalam variabel Atmosfir Toko, Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Barang, serta Kewajaran Harga terhadap Niat Beli konsumen pada toko Indomaret di Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Causal Explanatory. Teknik pengambilan sampel yakni non probability sampling dengan prosedur purposive sampling sebanyak 148 responden di Universitas Kristen Maranatha. Data diolah menggunakan SPSS dengan melakukan uji normalitas, uji outlier, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas, uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian secara keseluruhan dan hasil hipotesis menunjukkan bahwa keempat variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap Niat Beli konsumen. Besar pengaruhnya sebesar 31,5% untuk Atmosfer Toko, 25% untuk Kualitas Pelayanan, 17% untuk Kelengkapan Barang, dan 16,9% untuk Kewajaran Harga. Perusahaan diharapkan untuk semakin meningkatkan strategi dari keempat variabel yang telah ada, agar perusahaan tetap dapat mempertahankan serta meningkatkan niat beli konsumen dalam jangka waktu yang panjang.