Pengaruh Corporate Social Responsibility pada Cororate Reputation dan Brand Equity: Customer Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi
Daftar Isi:
- Corporate Reputation adalah intangible asset yang sulit diukur dan dijelaskan keberadaannya karena reputasi bukan sebuah produk yang dapat dilihat. Meski demikian keberadaan reputasi yang baik dapat memperkuat posisi perusahaan ketika berhadapan dengan pesaing. Bagi pihak konsumen terkadang membingungkan dalam memilih merek. Berbagai merek memberikan manfaat yang serupa sehingga brand equity menjadi dasar pertimbangan yang utama. pihak produsen perlu menyadari bahwa produk merupakan benda mati, sedangkan yang memberi nyawa dari suatu produk adalah merek, sehingga suatu merek sangat penting untuk dikelola sehingga konsumen akan selalu loyal pada produk tersebut. Memastikan kepuasan konsumen (customer satisfaction) merupakan suatu standar minimum yang harus diupayakan karena customer satisfaction itu adalah awal dari pelanggan yang loyal. customer satisfaction merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja produk yang ia rasakan dengan harapannya. customer satisfaction ini sangat tergantung pada persepsi dan harapan konsumen itu sendiri. Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaaan merupakan salah satu keunggulan kompetitif. CSR membedakan perusahaan dari perusahaan lainnya. Penggunaan program CSR dapat digunakan untuk produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh CSR pada corporate reputation dan brand equity: customer satisfaction sebagai variabel mediasi. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha yang mengetahui program CSR yang dilakukan oleh Universitas Kristen Maranatha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh CSR pada Corporate Reputation dan Brand Equity baik secara langsung maupun yang dimediasi (tidak langsung) oleh Customer Satisfaction.