Pengaruh Social-Media Communication pada Purchase Intention: Brand Equity dan Brand Attitude Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada: Mahasiswa dan Alumni Universitas Kristen Maranatha di Bandung)
Daftar Isi:
- Tingginya persaingan antar universitas baik negeri maupun swasta dalam merebut animo calon mahasiswa membuat penggunaaan teknologi komunikasi informasi seperti media sosial menjadi alternatif riset dari pemasaran konvensional. Dalam penggunaannya percakapan konsumen dalam jejaring sosial telah menjadi sumber informasi yang semakin penting selain memberikan manfaat bagi para marketers mengenai atribut, fitur, atau manfaat yang dicari konsumen, dan dapat menjadi alat prediksi yang baik terhadap tren kekuatan merek di masa mendatang. Peneliti menguji dan menganalisa pengaruh dari firm-created communication dan user-generated communication terhadap purchase intention dengan variabel mediasi brand equity, dan brand attitude. Penelitian dilakukan terhadap Universitas Kristen Maranatha Bandung, dengan sampel sebanyak 577 responden dengan syarat telah memfollow akun Twitter resmi Universitas Kristen Maranatha yakni @ukm_official. Hasilnya terdapat pengaruh positif antara firm-created communication maupun user-generated communication terhadap brand equity, brand attitude dan purchase intention.