Studi Deskriptif Mengenai Resilience at Work pada Karyawan Bagian Operasional PT. KAI Kota "X"
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran dan derajat Resilience at Work pada Karyawan bagian operasional PT.KAI Kota “X”. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Responden pada penelitian ini berjumlah 35 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang dimodifikasi oleh peneliti berdasarkan dengan teori Maddi dan Koshaba (2005). Berdasarkan uji validitas dengan menggunakan Rank Spearman diperoleh adalah 48 Item valid dengan validitas berkisar 0,400-0,890, dan reliabilitas 0,981 Yang berarti alat ukur ini memiliki reliabilitas sangat tinggi. Hasil pengukuran data menunjukan 31,4% responden memiliki derajat resilience at work yang tinggi,dan 68,6% menunjukan derajat yang rendah. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar dari responden memiliki derajat Resilience at Work yang rendah. Hal ini menunjukan bahwa sebagian besar dari karyawan bagian operasional PT.KAI Kota “X” kurang dapat mengembangkan sikap dan kemampuannya dalam keadaan yang tertekan. Peneliti mengajukan saran untuk PT.KAI Kota “X”, khususnya bagian SDM untuk untuk memberikan training dan konsultasi yang berhubungan dengan transformational coping.