Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga, Parental Yielding, dan Perilaku Pembelian Orangtua pada Perilaku Pembelian yang Kompulsif
Daftar Isi:
- Penelitian – penelitian yang mempelajari fenomena perilaku pembelian sangat menarik untuk diselidiki. Salah satunya adalah compulsive buying. Compulsive buying adalah perilaku pembelian konsumen yang dilakukan secara berulang-ulang. Perilaku pembelian yang kompulsif merupakan perilaku konsumen yang membeli barang secara terus menerus diakibatkan dari adanya suatu kondisi yang tidak menyenangkan dan perilaku pembelian yang kompulsif memiliki dampak yang negatif bagi para penderitanya. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi setiap orang memiliki perilaku pembelian yang kompulsif, salah satunya yaitu faktor keluarga. Adapun variable yang digunakan meliputi pola komunikasi keluarga (orientasi konsep dan sosial),parental yielding, dan perilaku pembelian orangtua. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha. Hasil penelitian menunjukkan pola komunikasi keluarga berorientasi konsep dan sosial serta parental yielding tidak berpengarug pada perilaku pembelian yang kompulsif, sementara perilaku pembelian orangtua memiliki pengaruh yang positif terhadap perilaku pembelian yang kompulsif.