Daftar Isi:
  • Sejak zaman pemerintahan Hindia-Belanda, Kota Bandung juga dikenal sebagai Kota Kembang karena memiliki banyak pohon dan bunga yang membuat cuaca menjadi sejuk. Berdasarkan preliminary survey 86% masyarakat Kota Bandung mengakui julukan Kota Kembang di era tahun 2000an ini kurang sesuai dengan keadaan kota karena jarang ditemukan bunga di sekitar Kota Bandung. Bahkan masyarakat juga tidak mengetahui bahwa sebenarnya Kota Bandung telah memilih bunga Patrakomala sebagai ikon identitas kota pada Hari Lingkungan Hidup tahun 1998. Tujuan perancangan ini yaitu untuk mengenalkan bunga Patrakomala sebagai identitas Bandung Kota Kembang melalui tipografi yang diaplikasikan sebagai elemen city branding Kota Bandung. Sedangkan manfaatnya agar ikon dan image Bandung Kota Kembang yang sudah ada tetap terjaga secara positif di mata masyarakat dalam kota maupun luar kota. Perancangan ini menggunakan konsep komunikasi searah yang informatif dan dekoratif agar menarik target market yaitu anak muda kalangan menengah yang bangga sebagai warga Kota Bandung. Tipografi yang akan dirancang terinspirasi dari Bunga Patrakomala dan menggunakan gaya visual Art Deco. Sedangkan media yang digunakan berupa souvenir, booklet, poster dan infographic yang dipasang sebagai environmental graphic pada berbagai fasilitas kota dan media sosial. Melalui perancangan ini diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengingat dan mengenali identitas Bandung Kota Kembang.