Daftar Isi:
  • Saat ini peran kebijakan harga sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan persaingan mendapat tumpuan perhatian dalam perusahaan hal ini ditandai dengan banyaknya literatur pemasaran dan pernyataan misi organisasi yang mencantumkannya sebagai salah satu sasaran strategis organisasi. XL merupakan salah satu provider yang peneliti coba teliti mengenai kebijakan harganya. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian kebijakan harga produk XL agar dapat menemukan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha. Dalam penelitian ini metode yang digunakan penulis adalah metode survei. Data yang ada dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi software SPSS 17. pengumpulan data dilakukan melalui pembagian kuesioner kepada mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh antara masingmasing dimensi kebijakan harga produk XL terhadap keputusan pembelian konsumen. Dimensi kebijakan harga (berdasarkan biaya produksi, berdasarkan biaya permintaan, berdasarkan biaya pesaing) ternyata memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Setelah melakukan penelitian penulis menemukan : (1). Kebijakan harga produk XL berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (2). Respon/tanggapan konsumen terhadap keputusan pembelian produk Giordano baik. (3). Pengaruh rancangan perceived value terhadap niat beli mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha adalah sebesar 13,8% sedangkan sisanya 86,2% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar kebijakan harga.