Segmentasi Pola Gaya Hidup Terkait dengan Aktifitas Belajar pada Mahasiswa/I Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung
Daftar Isi:
- Segmentasi sering kita dengar sebagai suatu istilah dalam dunia usaha/bisnis. Namun saat ini istilah segmentasi tersebut tidak lagi hanya kita temukan pada dunia usaha/bisnis itu saja. Penggunaan segmentasi saat ini telah mengalami perkembangan hingga pada dunia pendidikan, dalam kaitannya untuk memperoleh informasi dari pada peserta didik yang nantinya informasi tersebut dapat dijadikan masukan untuk merancang/menyusun program-program akademik yang mengakomodasi keunikan karakter para peserta didik. Penulis tertarik untuk meneliti segmentasi mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha. Penulis bermaksud untuk memberikan informasi kepada Universitas Kristen Maranatha mengenai keberagaman karakter mahasiswa/i-nya agar Universitas dapat menemukan suatu cara untuk menyusun program akademik yang lebih baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisa k-means cluster dimana peneliti melakukan uji pendahuluan yang terdiri dari; uji reliabilitas, dan uji validitas. Penelitian ini menggunakan sampel secara quota sampling. Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung terbagi menjadi empat segmen yaitu; segmen 1 pada mahasiswa/i konservatif (25.5%), segmen 2 pada mahasiswa/i konservatif-kreatif (38%), segmen 3 pada mahasiswa/i dinamis (9%), dan segmen 4 pada mahasiswa/i konservatif-trendsetter (27.5%).