Daftar Isi:
  • Celebrity Endorser adalah orang terkenal (aktor/aktris, olahragawan, penyanyi, dan selebritis lainnya) yang digunakan untuk mendukung suatu produk dengan menjadi bintang iklan atau ikon produk tersebut, dengan tujuan mempengaruhi niat beli konsumen. Dalam skripsi ini, Celebrity Endorser yang digunkana oleh iklan sabun LUX adalah Aktris dan Penyanyi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ketiga dimensi Celebrity Endorser yaitu daya tarik fisik, kejujuran, dan keahlian berpengaruh terhadap niat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa/i S1 Universitas Kristen Maranatha, Bandung dengan jumlah 150 responden. Dalam penelitian ini dijabarkan karakteristik responden seperti jenis kelamin, usia, pengeluaran per bulan. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana, dan metode pengumpulan data yang digunkana adlah survey. Dalam penelitian ini, penulis melakukan uji regresi dengan menggunakan SPSS versi 11.5, yang mana hasil uji regresi Celebrity Endorser terhadap niat beli konsumen memperoleh hasil Y = 3,566 + 0.079X dengan 2 3 0.05 yang artinya Celebrity Endorser tidak mempengaruhi niat beli konsumen karena 2 3 0.05, yaitu 0.363. Hasil Adjust R Square Celebrity Endorser tidak mempengaruhi niat beli konsumen sebesar 0.001 atau 0.10% ,sedangkan sianya sebesar 0.999 atau 99.9% dipengaruhi faktor lainnya.