Daftar Isi:
  • Dalam mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, setiap perusahaan jasa dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggannya. Melalui kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan para pelanggan, maka diharapkan akan terbentuk kepuasan konsumen yang merupakan asset yang sangat berharga bagi perusahaan/ penyedia jasa. Atas dasar uraian diatas, maka perlu dilakukan penelitian untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Sari Rasa Sambel Hejo. Dengan diadakannya penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi bagi pihak manajemen cafe atas kinerja pelayanan yang diberikan untuk meningkatkan kepuasan konsumen melalui perbaikan atas penanganan pelayanannya. Penulis menyebarkan kuesioner bagi 50 responden dan mengadakan wawancara langsung dengan menggunakan metode non probability atau pemilihan nonrandom yang berupa purposive sampling (pengambilan sampel bertujuan) dilakukan dengan mengambil sampel dari populasi berdasarkan suatu kriteria tertentu. Penulis menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan program SPSS 13.0. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka didapat rs sebesar 0,550 dengan alfa sebesar 0,01, yang terbukti bahwa terdapat pengaruh antara variabel pelayanan dan variabel kepuasan konsumen. Dimana jika dilihat dari koefisien determinasi (Kd) sebesar 0,3025, sedangkan sisanya 69,75% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Dari statistik uji, maka didapat hasil t hitung sebesar 6,52 dan setelah dibandingkan dengan t tabel diperoleh hasil 2,6385 dalam hal ini t hitung lebih besar daripada t tabel (6,52>2,6385) sehingga Ho ditolak artinya ada pengaruh antara pelayanan dan kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pelayanan dan kepuasan konsumen, maka kenaikan maupun penurunan salah satu dari kedua variabel tersebut akan menaikkan atau menurunkan variabel lainnya karena pengaruhnya positif.