Daftar Isi:
  • Persaingan bisnis di Indonesia memacu para pelaku bisnis untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya dibidang apapun juga yang mereka jalani. Dalam hal ini penulis memfokuskan diri pada bidang jasa, khususnya jasa pengiriman barang, yang senantiasa menuntut kualitas pelayanan yang terbaik yang sesuai dengan harapan pelanggannya guna mendapatkan kepuasan konsumen. Berdasarkan uraian diatas, maka dilakukan penelitian pada Perusahaan pengiriman barang PT TIKI JNE Setrasari Mall Bandung, untuk menganalisa pengaruh kualitas layanan yang diberikan Perusahaan tersebut dengan kepuasan yang diterima konsumennya. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi yang dapat dijadikan sebagai dasar bagi pihak manajemen PT TIKI JNE dalam meningkatkan kualitas pelayanannya agar dapat segera terbentuk kepuasan konsumen. Dengan berbekal 5 dimensi service quality dari Parasuraman, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy dilakukan penelitian pada 220 orang responden pemakai jasa layanan PT TIKI JNE. Setelah dilakukan Uji validitas, reliabilitas, dan analisis regresi dengan alpha signifikan 0,05 ternyata pada analisis regresi seluruh nilai alpha>0,05 maka dengan demikian Ho diterima dan sebaliknya H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan, jika diukur menggunakan 5 dimensi service quality dari Parasuraman, kualitas layanan jasa yang diberikan oleh PT TIKI JNE tidak mempengaruhi kepuasan konsumennya. Mungkin ada faktor-faktor lain diluar 5 dimensi tersebut yang membuat konsumen merasa puas atas pelayanan yang diberikan PT TIKI JNE tersebut.