Daftar Isi:
  • Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam rangka mencapai tujuan perusahaan, untuk itu perusahaan harus dapat mengelola sumber daya tersebut dengan sebaik-baiknya. Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan untuk memelihara dan meningkatkan kualitas kerja dari sumber daya manusia adalah dengan mengadakan penilaian prestasi. Prestasi kerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan adalah melalui usaha-usaha komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas dan untuk menganalisa bagaimana hubungan komunikasi yang efektif terhadap prestasi kerja karyawan. Penelitian hubungan komunikasi yang efektif terhadap prestasi kerja karyawan ini dilakukan di PT. X yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang farmasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitis yaitu metode yang bertujuan menggambarkan keadaan perusahaan berdasarkan fakta untuk kemudian diolah menjadi data dan selanjutnya dilakukan analisa masalah. Teknik analisis data menggunakan software SPSS versi 11.5. Hasil penelitian menyatakan bahwa proses komunikasi di PT. X sudah cukup baik, hal ini terbukti dari tanggapan sebagian besar responden, tetapi perusahaan dapat lebih meningkatkan proses komunikasi sehingga prestasi kerja karyawan semakin meningkat.