Daftar Isi:
  • Untuk menarik minat beli konsumen dibutuhkan suatu strategi yang dapat membuat konsumen tertarik. Salah satu strategi tersebut adalah promosi penjualan dengan menggunakan media iklan. Kegunaan promosi penjualan tersebut dimaksudkan untuk menarik minat beli konsumen. Karena itu, kini banyak perusahaan yang menggunakan iklan dari media cetak ataupun media elektronik sebagai alat untuk memperkenalkan produk mereka kepada konsumen. Berdasarkan uraian tersebut, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui minat beli konsumen terhadap promosi penjualan khususnya penjualan menggunakan Celebrity Endorsers (Aldi Fairuz) yang dilakukan oleh IM3. Penelitian dilakukan di Universitas Kristen Maranatha Bandung. Celebrity Endorsers dapat dinilai dari 3 dimensi yaitu Expertise, Attractiveness, dan Trustworthiness. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode acak sederhana dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dimana respondennya adalah mahasisiwa dan mahasiswi di lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung yang pernah menonton iklan IM3. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 11.5. Berdasarkan dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa Sig. (α) = 0,000 < 0.05 sehingga H0 ditolak atau koefisien regresi signifikan, yang berarti ada pengaruh antara Celebrity Endorsers (Aldi Fairuz) terhadap minat beli konsumen pada produk IM3 di lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung yaitu sebesar 26,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari kesimpulan di atas, maka penulis mencoba untuk memberikan saran yaitu agar perusahaan dapat mencari model iklan lain yang dirasa menarik atau mungkin yang saat ini sedang ”naik daun” sehingga masyarakat akan lebih tertarik untuk melihat iklannya dan diharapkan akan membeli produknya juga.