Pengaruh Trust in A Brand terhadap Brand Loyalty pada Konsumen Kartu Prabayar XL di Salatiga
Daftar Isi:
- Merek yang kuat tidak selalu menghasilkan loyalitas pelanggan terhadap merek tersebut dalam jangka panjang. Ini terjadi jika merek menjadi kategori produk dan bukan menjadi identitas produk secara individual. Salah satu elemen yang mulai dipercaya sebagai pembentuk loyalitas merek adalah trust in a brand. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh trust in a brand terhadap brand loyalty pada konsumen kartu prabayar XL. Untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis mengambil sampel sebanyak 200 orang responden pengguna kartu prabayar XL di Salatiga. Pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, sedangkan pengumpulan data sekunder dengan cara penelusuran literatur. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS V 11.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh trust in a brand yang meliputi brand characteristic, company characteristic dan consumer-brand characteristic terhadap brand loyalty kartu prabayar XL di Salatiga. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa brand characteristic mempunyai pengaruh sebesar 0.085, company characteristic mempunyai pengaruh sebesar 0.163 dan consumer-brand characteristic mempunyai pengaruh sebesar 0.278.