Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini, penulis menganalisis brand trust air minum dalam kemasan (AMDK) merek AQUA terhadap loyalitas konsumen di kalangan mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung dengan metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, menyebarkan kuesioner kepada 80 responden, dan observasi langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya menghasilkan brand trust, tingkat brand trust konsumen air minum AQUA, tingkat loyalitas konsumen produk air minum AQUA, dan pengaruh brand trust terhadap loyalitas konsumen air minum AQUA. Secara umum, pelaksanaan brand trust yang telah dilakukan oleh AQUA cukup baik . Berdasarkan observasi dan pengamatan penulis, pelaksanaan brand trust cukup baik pada aspek brand reliabilty terutama pada indikator kualitas air AQUA dan daya tahan air AQUA sudah cukup baik memenuhi harapan konsumen. Sedangkan pelaksanaan brand trust pada aspek brand intentions masih perlu diperbaiki terutama pada indikator kepedulian AQUA pada konsumen dan memberikan ganti rugi ketika terjadi masalah. Data-data yang telah didapat dari kuesioner, yang dibagikan kepada responden, kemudian diolah untuk menjawab dari semua tujuan penelitian dengan menggunakan software SPSS versi 13. Dalam analisis regresi dengan model Y= a + bX didapati nilai konstanta a sebesar 11,366 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,395 sehingga model regresi adalah Y= 11,366 + 0,395 X. Dalam analisis koefisien korelasi Pearson maka didapat r sebesar 0,475, yang menunjukkan bahwa adanya hubungan yang cukup erat antara brand trust air minum dalam kemasan (AMDK) merek AQUA dengan loyalitas konsumen, dengan koefisien determinasi (KD) sebesar 22,60% dimana brand trust dipengaruhi oleh loyaitas konsumen dan sisanya sebesar 77,40% dipengaruhi oleh variabel – variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian. Untuk meningkatkan brand trust air minum dalam kemasan (AMDK) merek AQUA, maka PT. AQUA Golden Mississipi perlu meningkatkan brand intentions terutama dalam hal kepedulian kepada konsumen.