Pengaruh Pelaksanaan Penetapan Harga terhadap Volume Penjualan Kerupuk PT. Garuda di Cimareme, Padalarang
Daftar Isi:
- Pelaksanaan penetapan harga PT. Garuda ditinjau dari empat aspek, yaitu: memilih tujuan penetapan harga, menganalisis biaya, harga dan tawaran pesaing, memilih metode penetapan harga, memilih harga akhir. Dari penelitian diketahui besarnya korelasi Pearson antara pelaksanaan penetapan harga dengan volume penjualan adalah 0,732. Kemudian didapat besaran koefisien determinasi sebesar 53,59%, yang berarti bahwa sebesar 53,59% dari volume penjualan dipengaruhi oleh pelaksanaan penetapan harga, dan sisanya sebesar 46,41% dipengaruhi oleh variabel–variabel lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode Deskriptif dan Verifikatif, tipe penelitian ini adalah tipe penelitian korelasional dan kausalitas. Unit analisis penelitian ini adalah individual, yaitu para konsumen yang membeli produk PT. Garuda. PT. Garuda merupakan salah satu perusahaan yang mengkhususkan pada penjualan kerupuk, berusaha bersaing dengan perusahaan-perusahaan sejenis lainnya yang tersebar di kota Bandung. Untuk dapat memenangkan persaingan dan memperoleh pasar, maka diperlukan kegiatan pemasaran, yang salah satu diantaranya yaitu pelaksanaan penetapan harga. Pelaksanaan penetapan harga ini ditujukan untuk menetapkan harga dengan tepat sesuai dengan keinginan pasar sasaran.