Daftar Isi:
  • Dalam usahanya untuk dapat bersaing dan mempertahankan kelangsungan hidupnya, perusahaan berusaha untuk mencapai laba yang optimal. Perusahaan harus dapat menjalankan strategi yang tepat dan sesuai dengan kondisi serta situasi yang ada. Oleh karena itu perusahaan harus merancang program pemasarannya dengan baik, salah satunya adalah promosi. Promosi adalah semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya kepada pasar sasaran. Penelitian dilakukan terhadap PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY, TBK. Penulis melakukan analisa kuantitatif terhadap hasil penjualan perusahaan selama 5 tahun, mulai dari tahun 2003 – 2007. Dari hasil perhitungan penelitian diperoleh perhitungan statistik yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara biaya promosi dan volume penjualan produk PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY, TBK. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r sebesar 0.902 dan perhitungan uji signifikan dengan tingkat α= 5% menghasilkan t hitung (3.62) > t tabel (2.35). Ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan antara biaya promosi yang dikeluarkan oleh PT. ULTRAJAYA MILK INDUSTRY,TBK. terhadap peningkatan volume penjualan. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, maka diperoleh angka 81.36% Hal ini berarti pengeluaran biaya promosi mempengaruhi volume penjualan sebesar 81.36%, sisanya yaitu sebesar 18.64% dipengaruhi oleh variabel lain.