Daftar Isi:
  • Dengan semakin tingginya persaingan yang dihadapi oleh perusahaan- perusahaan yang berdiri, maka setiap perusahaan dituntut harus mampu memilih strategi yang tepat untuk diterapkan didalam perusahaannya agar dapat memenangkan persaingan dan dapat tetap bertahan dalam situasi yang sedang krisis global seperti sekarang ini. Perlu ada usaha-usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan yang ada agar dapat bertahan dan dapat menguasai pangsa pasar yang ada. Selain kualitas produk yang perlu diperhatikan oleh perusahaan, kualitas pelayanan juga merupakan salah satu hal yang paling penting dan harus ditingkatkan oleh perusahaan agar dapat menarik dan memuaskan keinginan konsumen. Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Makan Sunda Rasa Sukabumi dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei yang hasilnya akan diuraikan secara deskriptif analisis. Metode ini digunakan untuk menguji hipotesis mengenai hubungan antara variabel bebas dan variabel terikatnya. Adapun yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan sedangkan yang menjadi variabel terikatnya adalah kepuasan konsumen. Dengan mengambil sampel sebanyak 50 orang konsumen yang datang ke Rumah Makan Sunda Rasa Sukabumi, maka didapat data hasil kuesioner mengenai kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Makan Sunda Rasa Sukabumi. Untuk menguji hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen maka dilakukan uji Rank Spearman. Hasil penelitian dengan analisis koefisien korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cenderung kuat dan searah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan antara kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Makan Sunda Rasa Sukabumi dengan kepuasan konsumen. Dari hasil penyebaran kuesioner yang telah diisi oleh para konsumen, maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Rumah Makan Sunda Rasa Sukabumi secara umum sudah cukup baik. Meskipun demikian Rumah Makan Sunda Rasa harus terus memperhatikan perkembangan pasar, dan memperhatikan saran dan keluhan dari konsumennya agar dapat terus bersaing dengan rumah makan yang lainnya.