Pengaruh Diferensiasi Produk Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shampo Lifebouy
Daftar Isi:
- Tuntutan konsumen akan produk semakin hari semakin meningkat seiring meningkatnya perubahan dan kemajuan teknologi, karena konsumen ingin mendapatkan produk yang mempunyai nilai lebih yang bisa mendatangkan kepuasan. Diantara banyaknya peluang bisnis yang ada pada saat ini, peluang bisnis dalam memproduksi shampo merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Sejak pertama kali shampo Lifebouy memposisikan diri di mata konsumen sebagai shampo keluarga, perusahaan menggunakan strategi diferensiasi produk sebagai strategi pemasarannya. Berdasarkan strategi diferensiasi produk tersebut diharapkan dapat merubah keputusan pembelian konsumen, karena pasar konsumen yang dipilih adalah pasar yang masih belum banyak dikuasai yaitu pasar shampo keluarga. Pada pasar tersebut shampo Lifebouy memposisikan dirinya sebagai shampo keluarga yang menyehatkan rambut. Oleh karena itu, penulis mengambil judul untuk penelitian ini adalah “PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SHAMPO LIFEBOUY”. (Survei pada Ibu Rumah Tangga pengguna shampo Lifebouy di Jalan Jend. Sudirman Gg. Mukalmi I dan II Kotamadya Bandung) Penulis menggunakan metode survei dengan analisis regresi sederhana. Sebelum pengujian hipotesa, penulis melakukan beberapa uji pendahuluan yang terdiri dari uji reliabilitas dan uji validitas. Dari hasil pengujian hipotesis yang diperoleh menggunakan metode regresi sederhana, diketahui bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan yang signifikan.