Pengaruh Intrinsic Goals (Self - Acceptance, Affiliation, dan Community Feeling) Terhadap Compulsive Buying Dengan Gender Sebagai Variabel Moderasi
Daftar Isi:
- Compulsive buying adalah perilaku pembelian yang berulang - ulang atau tidak terkontrol dikarenakan karena adanya respons dari perasaan negatif, compulsive buying ini dilakukan dengan tujuan utamanya yaitu mencari atau memperoleh kesenangan pada proses pembeliannya bukan pada produk pembelian tersebut. Dalam Pembelian Kompulsif ini terdapat salah satu faktor yang mempengaruhi compulsive buying yaitu intrinsic goals yang terdiri dari self – accpetance, affiliation, dan community feeling. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh intrinsic goals terhadap compulsive buying dengan gender sebagai variabel moderasi. Responden yang dipilih dalam penelitian ini adalah masyarakat disekitar Jalan Surya Sumantri Bandung dengan jumlah respondennya sebesar 100 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sample ini adalah purposive sampling atau dengan cara penyebaran kuisioner kepada responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari empat hipotesis yang diajukan terdapat dua yang menunjukkan hasil yang signifikan yaitu community feeling dan gender berpengaruh tehadap compulsive buying. Sedangkan self – acceptance dan affiliation tidak berpengaruh terhadap compulsive buying.