Daftar Isi:
  • Promosi merupakan bagian kegiatan perusahaan yang dilakukan dalam upaya memberitakan suatu produk atau jasa kepada konsumen sehingga dapat mempengaruhi minat konsumen terhadap produk atau jasa perusahaan. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan. Promosi memegang tiga fungsi yang penting yaitu: menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen dan calon pembeli. Bauran promosi adalah alat-alat komunikasi pemasaran yang dibaurkan dan dipakai pada proporsi masing-masing sesuai kebutuhan, untuk mencapai tujuan perusahaan. Adalah sangat penting membentuk bauran promosi yang sesuai dengan keinginan konsumen agar dapat menimbulkan minat beli di dalam benak konsumen. Karena minat untuk membeli merupakan awal dari keputusan pembelian oleh konsumen. Intinya adalah proses penyampaian informasi oleh pemasar kepada konsumen. Konsumen harus dapat menterjemahkan atau memberi arti bagi tiap informasi yang disampaikan pemasar. Hal tersebut menciptakan pengetahuan, arti dan kepercayaan baru mengenai produk atau jasa perusahaan.