Pengaruh Citra Merek Honda Jazz Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Universitas Kristen Maranatha Bandung
Daftar Isi:
- Banyaknya ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) yang ada di Indonesia membuat para konsumen berfikir untuk membeli produk yang ditawarkan ke dalam pasar. Banyaknya pilihan dari produk yang ditawarkan oleh ATPM tak sedikit membuat bingung para konsumen untuk membeli produknya. Berkenaan dengan hal tersebut, maka penelitian yang dilakukan mencoba untuk mengetahui besarnya pengaruh citra merek terhadap niat beli konsumen. Adapun variable yang digunakan citra merek dan niat beli. Sampel diambil dengan menggunakan metode deskriptif atau survey untuk mendapatkan hasil terhadap objek yang ingin diteliti. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data-data dari konsumen Honda. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS 12.00.Dari hasil penelitian dapat diperoleh ada pengaruh citra merek Honda Jazz terhadap niat beli konsumen d Universitas Kristen Maranatha Fakultas Ekonomi, Bandung sebesar 11,3 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dapat diukur di dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan Korelasi Pearson menunjukkan bahwa hubungan antara citra merek terhadap niat beli konsumen adalah searah dan cenderung kecil (tidak erat). Sedangkan dari perhitungan statistik uji signifikasi t, menunjukkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat hubungan antara citra merek dan niat beli. Penulis mengajukan saran agar ATPM Honda mempertahankan dan meningkatkan citra merek Honda dengan misalnya dengan cara promosi, agar lebih meyakinkan di benak konsumen. Sehingga dapat memberikan penilaian yang lebih baik lagi bagi citra merek Honda Jazz itu sendiri.