Daftar Isi:
  • Kota Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang kaya akan bangunan heritage-nya yang berharga. Salah satu buktinya adalah dari bangunan-bangunan peninggalan masa kolonial Belanda di Jalan Braga yang menyimpan sejarah menarik. Namun seiring perkembangan zaman, bangunan-bangunan heritage tersebut kurang diperhatikan oleh masyarakat khususnya generasi muda. Hal ini dikarenakan generasi muda kurang menyadari, mengenal dan menghargai nilai sejarah pada bangunan heritage. Oleh karena itu, tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang media-media visual yang memberikan informasi secara lebih baik dan efisien mengenai bangunan heritage di Jalan Braga serta merancang kampanye yang dapat mengubah pola pikir generasi muda terhadap nilai sejarah. Manfaat perancangan ini adalah agar generasi muda dapat lebih menyadari, mengenal dan menghargai serta tergerak untuk turut dalam pelestarian bangunan heritage di Jalan Braga. Konsep komunikasi yang digunakan adalah menghidupkan kembali sejarah bangunan heritage di Jalan Braga melalui kampanye Braga Punya Sejarah. Konsep kreatif dengan menggunakan gaya kontemporer, klasik dan art deco. Kemudian konsep media adalah melalui website dan media sosial yang didukung dengan media poster, media event, dan gimmick dengan ilustrasi serta foto. Melalui media kampanye ini, generasi muda dapat lebih menyadari dan mengenal serta tertarik mengunjungi Jalan Braga untuk lebih menghargai bangunan heritage-nya yang kaya akan nilai sejarah.