Daftar Isi:
  • Bisnis café merupakan salah satu bidang usaha berpeluang cerah dan sangat kompetitif. Agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan, maka perusahaan harus mampu memberikan perbedaan dari pesaingnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menawarkan store atmosphere yang unik dan berbeda dari pesaing. Store atmosphere terdiri dari exterior, interior, layout dan display yang merupakan kombinasi fisik dari sebuah toko yang dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere “Treehouse Café” terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan metode statistik menggunakan software SPSS versi 12.0. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data mengenai store atmosphere secara umum, diperoleh hasil signifikan alpha sebesar 0,05. Maka, secara garis besar dapat disimpulkan bahwa store atmosphere tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Dari hasil pengolahan data, diperoleh hasil bahwa store atmosphere (exterior) tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen karena nilai signifikan alpha- nya sebesar 0,947. Interior tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen karena nilai signifikan alpha-nya sebesar 0,35 lebih besar dari nilai ρ-value 0,05. Layout tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen karena nilai signifikan alpha-nya sebesar 0,34 yang artinya lebih besar dari nilai ρ-value 0,05. Display berpengaruh terhadap minat beli konsumen karena nilai signifikan alpha-nya sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai ρ- value 0,05.