Daftar Isi:
  • Pentingnya memahami perilaku konsumen telah menjadi perhatian berbagai macam industri salah satunya industri olahraga. Hal ini disebabkan karena meningkatnya kesadaran tiap individu untuk berolahraga setiap hari. Hal ini ditandai pula dengan berkembangnya pusat-pusat olahraga seperti gym, lapangan futsal, lapangan sepakbola, lapangan basket, jogging track. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike”. Jenis penelitian ini adalah causal explanatory dengan populasinya adalah mahasiswa/i di kota Bandung, dan sampelnya adalah mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen yang menggunakan sepatu olahraga merek Nike dengan jumlah sampel sebanyak 150 reponden. Data-data tersebut didapat dan diolah menggunakan SPSS 17 yaitu uji normalitas, uji outliers, uji validitas, uji reliabilitas, uji heterokedastisitas, dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa variabel Citra Merek berpengaruh secara positif sebesar 14,2% dan variabel Kualitas Produk berpengaruh secara positif sebesar 13,9% terhadap Keputusan Pembelian sepatu olahraga merek Nike. Hal ini menandakan bahwa pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk berada pada tingkat yang rendah. Ada banyak hal yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian, perusahaan harus bisa meningkatkan kualitas produknya dan menambah media promosi untuk mengiklankan produknya agar merek Nike dapat menjadi merek yang paling diingat oleh konsumen.