Perancangan Kampanye Pencegahan Seksual untuk Anak Usia 4-6 Tahun di Kota Bandung
Daftar Isi:
- Indonesia telah mendapatkan label darurat kekerasan seksual pada anak sejak tahun 2010, dengan jumlah kasus kekerasan seksual yang terus meningkat. Pelaku kekerasan seksual pada anak terbanyak adalah orang terdekat korban dan korbannya 82% adalah kalangan menengah bawah. Salah satu penyebab utama masalah ini adalah kurangnya pengetahuan anak dalam mencegah terjadinya kasus kekerasan seksual. Oleh karena itu, dibutuhkan peran orang tua supaya mengajarkan kepada anaknya untuk melindungi diri. Upaya tersebut dilakukan melalui sebuah perancangan kampanye. Perancangan kampanye pencegahan kekerasan seksual pada anak untuk tugas akhir ini diberi judul "KADE" yang dalam bahasa sunda berarti hati-hati, awas, waspada. Dalam perancangan ini menggunakan tiga tahap, yaitu awareness, informing dan reminding. Konsep kampanye bertujuan memberikan pendidikan untuk orang tua dan anak agar dapat mencegah kekerasan seksual. Kampanye disampaikan dalam bentuk roadshow dengan media utama video motion graphic dan infographic. Media ini bertujuan agar sosialisasi dan penyuluhan tentang edukasi mencegah kekerasan seksual dapat diterima dengan baik dan menarik di kalangan menengah bawah. Kampanye ini dilakukan di Bandung sebagai proyek percontohan.