Pengaruh Kualitas Layanan pada Loyalitas Pelanggan Blitzmegaplex Paris van Java Bandung
Daftar Isi:
- Dalam era globalisasi saat ini, berbagai sektor industri, khususnya industri hiburan penyedia jasa menonton film atau bioskop sedang meningkat pesat. Keberadaannya dalam industri jasa, senantiasa menekankan sektor pelayanan sebagai pertimbangan perusahaan dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. Memberikan pelayanan yang berkualitas dianggap sebagai strategi yang sangat penting dalam keberhasilan dan untuk bertahan di dalam lingkungan yang kompetitif saat ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas layanan (service quality) atau sering disebut juga mutu pelayanan adalah seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan para pelanggan atas pelayanan yang mereka terima atau peroleh. Kepuasan pelanggan dapat mempengaruhi perilaku pelanggan khususnya loyalitas pelanggan yang terwujud dalam keinginan membeli ulang dan niat merekomendasikan. Loyalitas merupakan besarnya konsumsi dan frekuensi pembelian yang dilakukan oleh seorang konsumen terhadap suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen salah satu penyedia jasa mrnonton film atau bioskop dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 130 responden dengan menggunakan metode non-probability sampling, yaitu metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi linear dengan program SPSS ver.17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan bioskop memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Besarnya pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 31,7% dan sisanya 68,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh yang diberikan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan cukup besar yakni sebesar 31,7%.