Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi komunikasi sekarang ini sangatlah pesat, dimana setiap perusahaan berlomba- lomba menciptakan produk dan merek yang dapat menarik minat konsumennya sehingga dapat memenangkan persaingan. Salah satu alat yang paling baik untuk dapat memenangkan persaingan adalah menciptakan suatu loyalitas produk atau merek terhadap konsumen. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang alat komunikasi yang juga telah menciptakan loyalitas konsumen adalah Nokia. Nokia telah memiliki pangsa pasar yang luas sehingga perusahaan ini perlu memikirkan bagaimana produk atau mereknya dapat bertahan dipasar dan dapat mempertahankan loyalitas konsumennya. Loyalitas konsumen dapat diciptakan dan dikembangkan melalui pembentukan ekuitas merek dan kepercayaan merek yang kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh ekuitas merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen telephone genggam merek Nokia di kota Bandung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Bandung yang menggunakan telephone genggam merek Nokia, dengan jumlah sampel sebanyak 163 orang, dan diolah menggunakan teknik regresi berganda dengan program SPSS 17.00. Berdasarkan dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan pengaruh ekuitas merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumennya adalah sebesar 58.6%, dan sisanya dipegaruhi oleh faktor lain. Ternyata ekuitas merek dan kepercayaan merek memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap loyalitas konsumen telephone genggam merek Nokia.