Daftar Isi:
  • Produk tidak cukup apabila hanya mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk juga perlu mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Efek dari kepercayaan tersebut, akan tercipta loyalitas. Sasaran dari penelitian ini adalah menguji pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas konsumen pada pasta gigi Pepsodent. Kepercayaan merek adalah pemahaman konsumen terhadap suatu citra merek yang unggul dari suatu perusahaan. Dengan kepercayaan ini, perusahaan dan konsumen akan terjalin hubungan dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan loyalitas konsumen adalah kesanggupan untuk membeli produk yang disukai secara konsisten dimasa yang akan datang. Sehingga dapat memberikan pengaruh positif bagi perusahaan dari segi pendapatan maupun pengembangan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Kristen Maranatha dengan menggunakan 150 responden yang pernah membeli dan menggunakan Pepsodent. Karakteristik yang digunakan adalah jenis kelamin, lama menggunakan produk, dan pengeluran per bulan kosumen. Metode analisis yang digunakan adalah metode statistik regresi sederhana dengan menggunakan SPSS versi 13. Instrument penelitian ini diadopsi dari Ballester dan Aleman (2001). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, peneliti menyimpulkan bahwa kepercayaan merek memberikan pengaruh pada loyalitas konsumen produk pasta gigi Pepsodent sebesar 14.6%. Pepsodent perlu melakukan kampanye brand agar konsumen dapat berinteraksi secara langsung dan mendapatkan pengalaman akan produk. Selain itu juga Pepsodent perlu mengadakan seminar untuk memecahkan masalah konsumen serta meningkatkan mutu agar tetap menjaga kesetiaan dengan kosumen.