Daftar Isi:
  • Perusahaan tidak akan mencapai keberhasilan jika hanya mengandalkan penjualan saja. Hadir aspek pencapaian baru yang harus dipertimbangkan, yaitu penciptaan hubungan pasca penjual antara perusahaan dan konsumen. Dengan maksud suatu siklus interaksi seller tidak hanya terjadi saat konsumen membeli produk saja, tapi juga diperlukan pelayanan maksimal dan rasa yang khas agar memungkinkannya terjadi repeat buying dan memiliki kesempatan untuk menjadi konsumen loyal pada produk yang dihasilkan perusahaan. Pelaku bisnis memutar otak untuk menciptakan costumer satisfaction. Mie merapi, merupakan salah satu dari sekian banyak tempat makan yang menyajikan mie kuah di bandung. Dengan andalannya kuah merapi yang bertekstur rempah-rempah dengan rasa manis, asam, gurih dan pedas menjadi buah bibir masyarakat, hal ini bisa dilihat dari tempat yang tidak pernah sepi pengunjung, dan ini juga didukung oleh animo masyarakat yang membuat mie merapi terus melebarkan sayapnya. Sampel dari penelitian ini sebanyak 200 orang. Pengolahan data menggunakan SPSS 200. Dan analisis menggunakan analisis linier berganda. Dengan koefisien determinasi (adjust R square) 0,441. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan pada restoran mie merapi sebesar 77.84% dan 22.16% dipengaruhi oleh factor lain.