Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Kebakaran di Pemukiman Padat Kota Bandung
Daftar Isi:
- Tingkat kebarakan di Kota Bandung mencapai 138 kebakaran per tahun, dengan kerugian mencapai 182 miliar rupiah per tahun. Namun masyarakat Kota Bandung masih belum menyadari bahaya kebakaran. Sebagai masyarakat penghuni Kota Bandung (khususnya yang tinggal di pemukiman padat) sudah selayaknya kita mecegah terjadinya kebakaran. Maka dari itu tujuan dari perancangan kampanye ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kebakaran dan memberikan arahan tentang tindakan pencegahan kebakaran kepada masyarakat pemukiman padat Kota Bandung. Manfaat perancangan ini adalah menghasilkan masyarakat yang tanggap akan tindakan pencegahan kebakaran sehingga dapat mengurangi tingkat kebakaran di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah dengan cara kampanye preventif melalui media cetak seperti poster dan iklan koran, media luar ruangan (billboard), dan gimmick (jam dinding, kalender, dan stiker) serta TVC. Melalui perancangan kampanye sosial pencegahan kebakaran ini, masyarakat dapat mengenal apa saja hal-hal yang harus dihindari dan apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran.